Bicara Tarbiyah

LintasMe

Selasa, 29 Januari 2013

Pendidikan Kita

MAKNA HARI PENDIDIKAN NASIONAL


Tanggal 2 Mei setiap tahun diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai hari pendidikan nasional. Kita ingat yang dikatakan bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara menegaskan bahwa pendidikan memiliki hakikat memanusiakan manusia dengan mewujudkan pribadi yang merdeka. Betapa tinggi filosofi beliau hal ini sangat berbeda dengan keadaan yang sekarang ini begitu banyak berita miring tentang dunia pendidikan kita.
Diantara begitu banyak berita negatif tentang potret dunia pendidikan kita sudah banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah demi memajukan dunia pendidikan kita,diantaranya sertifikasi,walaupun banyak yang mengatakan bahwa sertifikasi tidak banyak meningkatkan kinerja guru,tapi itu merupakan respon positif akan pengakuan profesi guru.
Berikutnya dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permennegpan dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.Dengan adanya peraturan itu kenaikan pangkat guru tidak semudah dulu, karena harus melewati proses Penilaian Kinerja Guru setiap tahunnya.
Proses kenaikan pangkat dan jabatan guru  yang semula dilakukan secara otomatis dan  periodik, diubah menjadi berdasarkan angka kredit, sehingga memungkinkan guru  untuk dapat mengajukan kenaikan pangkat dan golongan kurang dari 4 tahun atau bahkan lebih dari 4 tahun. Selain itu untuk kenaikan pangkat jabatan Fungsional Guru serendah-rendahnya Golongan III/b diwajibkan membuat Karya Inovatif berupa Penelitian, Karya Tulis Ilmiah, Alat Peraga, Modul, Buku, atau Karya Teknologi Pendidikan yang nilai angka
kreditnya disesuaikan.
Dengan adanya Peraturan ini yang akan dilaksanakan secara efektif  mulai 1 januari 2013 merupakan tantangan bagi guru untuk lebih profesional dalam menjalankan tugas .meningkatkan  pengetahuan  dan keterampilan guru, yang akan   memberikan kontribusi secara   langsung   pada  peningkatan  kualitas pembelajaran   yang   dilakukan, sekaligus  membantu  pengembangan  karir   guru   sebagai tenaga  profesional.
Saatnya bagi kita sebagai guru yang berkecimpung di dunia pendidikan menyikapi  dengan tindakan yang nyata. Membangun mind set yang lebih konstruktif diawali dari diri sendiri. Melaksanakan tugas secara profesional, melakukan inovasi pembelajaran, melakukan kegiatan pengembangan profesi, dan sebagainya sehingga diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan tehnologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. 
Majulah Pendidikan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Animasi

Logo Design by FlamingText.com

Ziddu.Com

Banner Animasi


Sahabat (Best Friend Forever) - Super 7

Cek Tagihan PLN

Cek Tagihan Telkom

Info SerGu

Info Sertifikat Guru

Jaringan Pendidikan