Bicara Tarbiyah

LintasMe

Minggu, 03 Februari 2013

Monorail Made in Bekasi

E-SPACE: Monorail “Made in Bekasi”


monorail buatan bekasi di indonesiaproud wordpress com

Wacana dan rencana pembangunan monorel di Jakarta sudah lama digaungkan, bahkan tiang-tiang penyanggah sebagian sudah didirikan. Namun, sampai saat ini proyek tersebut masih belum jelas kapan akan dimulai atau dilanjutkan.
Meskipun begitu, sebuah perusahaan pembuat monorel di Bekasi, PT Melu Bangun Wiweka berhasil mengembangkan sebuah prototipe monorel yang diberi nama E-SPACE Monorail atau kepanjangan dari Environment, Safety, Performance, Appearance, Comfort and Economics.
Monorel karya anak bangsa tersebut memiliki daya angkut 125 penumpang per gerbong, dan mampu menarik 6 gerbong sekaligus dengan laju kecepatan bisa mencapai 80 kilometer per jam. Monorail ini dibuat dengan komponen lokal  sebesar 96% yang meliputi resources maupun teknologi.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan sudah mengunjungi PT Melu Bangun Wiweka di Bekasi dan mencoba naik monorail di display rel yang telah disiapkan. Harga monorail buatan Indonesia ini jauh lebih murah dari harga monorail buatan luar negeri.
Pimpinan Melu Bangun Wiweka, Tris, menyampaikan kepada Dahlan bahwa pabriknya mampu membuat monorail lebih murah. Jika sebuah monorail impor membutuhkan investasi Rp200 miliar per kilometernya, maka monorail buatan Bekasi ini hanya mengeluarkan investasi Rp75-150 miliar per kilometernya.

“Orang-orang seperti beliau (Tris) perlu diberi kesempatan untuk mewujudkan mimpinya di negeri sendiri. Dengan begitu produksi monorailnya kelak tidak hanya digunakan di dalam negeri tapi juga bisa masuk ke pasar ekspor ke negara lain,” tegas Dahlan.

Sumber: republika.co.id, bisnis.news.viva.co.id, antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Animasi

Logo Design by FlamingText.com

Ziddu.Com

Banner Animasi


Sahabat (Best Friend Forever) - Super 7

Cek Tagihan PLN

Cek Tagihan Telkom

Info SerGu

Info Sertifikat Guru

Jaringan Pendidikan